Jual Produk Mutiara dari Lombok, Nusa Tenggara Barat

Kami menjual aneka produk berhiaskan mutiara air laut dan mutiara air tawar dengan harga murah. Kami bisa mengirimkan pesanan ke seluruh Indonesia.

Toko Online terpercaya www.iloveblue.netToko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.netToko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Friday 4 December 2009

SEJARAH MUTIARA SANG "RATU BATU PERMATA"

Sejak Dahulu, Mutiara telah dikenal sebagai “ Ratu Batu Permata”. Sepanjang sejarah tercatat bahwa mutiara merupakan perhiasan yang paling mahal di dunia. Namun sejak dilakukan budidaya mutiara pada tahun 1900-an hingga saat ini, harga mutiara menjadi relative murah bahkan sebagai aksesoris yang memiliki harga lebih murah dari pada Gemstone.

Tidak seorangpun yang tahu siapa pertama kali yang memiliki dan memakai perhiasan mutiara. Namun menurut legenda India menceritakan bahwa salah satu Dewa Hindu yaitu Krishna pertama kali menemukan mutiara dari laut dan menghadiahkan pada putrinya pada hari pernikahannya.

Di Mesir, kisah masyur tentang mutiara yaitu pada saat Cleopatra mengundang Marc Antony untuk hadir dalam jamuan makan malam yang merupakan jamuan makan malam termahal dalam sejarah. Pada saat itu Ratu Cleopatra memberikan satu anting mutiara yang besar digerus dan dilarutkan dalam air dan sang Ratu turun untuk meminumnya.

Mutiara terbesar yang pernah ditemukan sepanjang sejarah adalah Pearl of Allah (Lao-Tze Pearl) yang ditemukan oleh seorang penyelam Filipina di pantai pulau Pallawan dengan berat mencapai 6,4 kilogram, memiliki bentuk yang tidak beraturan (Baroque), dan saat ini harganya ditaksir sekitar 40 juta USD. Mutiara lain yang tidak kalah terkenal adalah La Peregrina, mutiara yang ditemukan di kepulauan Perlas, Panama pada tahun 1500-an, memiliki bentuk seperti air mata atau buah pear dan berat sebesar 10,192 gram. La Peregrina terkenal karena pernah menjadi kado valentine dari Richard Burton untuk Elizabeth Tailor. Sedang mutiara yang pernah dicatat dalam Guiness Book Of Records sebagai mutiara terbesar yang pernah ditemukan di Abalone (Haliotis) adalah mutiara Big Pink, mutiara besar berwarna pink yang ditemukan oleh Wesley Rankin di California tahun 1990, berbentuk baroque dengan berat 94 gram dan pada tahun 1991 bernilai sebesar 4,7 juta USD.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, budidaya mutiara semakin meningkat. Pada awalnya, mutiara hasil budidaya khususnya mutiara air tawar tidak begitu mengkilap dan tidak bulat bentuknya, namun sejalan dengan perkembangan teknologi, bentuk dan kilau mutiara air tawar sudah sulit dibedakan dengan mutiara air laut. Namun demikian, secara umum harga mutiara air tawar masih lebih murah dari pada mutiara air laut.



sumber: http://www.grosirmutiaracantik.com/latest/mutiara-sang-ratu-batu-permata.php

No comments:

Post a Comment