Jual Produk Mutiara dari Lombok, Nusa Tenggara Barat

Kami menjual aneka produk berhiaskan mutiara air laut dan mutiara air tawar dengan harga murah. Kami bisa mengirimkan pesanan ke seluruh Indonesia.

Toko Online terpercaya www.iloveblue.netToko Online terpercaya www.iloveblue.net

Toko Online terpercaya www.iloveblue.netToko Online terpercaya www.iloveblue.net
Toko Online terpercaya www.iloveblue.net

Friday 4 December 2009

" Mutiara Palsu Dari Lombok" Detik News Oleh Kris Fathoni W

Dikolom berita Detik News diulas tentang "Mutiara Palsu " dari lombok Seperti di link ini , Tanggapan saya sipenulis hanya memberitakan pendapat pribadi seorang pemandu wisata yang mengatakan bahwa mutiara yang dijual oleh pedagang "asongan" dipantai senggigi adalah mutiara palsu seperti yang dituduhkan oleh pemandu wisata tersebut tanpa meminta pendapat orang yang menguasai bidangnya. dalam hal ini mutiara.
Pengetahuan dasar tentang mutiara ada dua jenis mutiara yang membedakan yaitu Mutiara Airtawar dan Air Asin (Laut) dari nama jenis tersebut dapat kita ketahui bahwa mutiara itu dihasilkan oleh kerang yang hidupnya di Air yang berbeda dan juga jenis kerangnya pun berbeda.
Mutiara air laut juga mempunyai perbedaan jenis kerang dan asal kerang misalnya

  1. Akoya Pearl dihasilkan oleh jenis kerang Akoya (Pinctada Fucata Martensii) Jepang yang pertama membudidayakan jenis kerang ini namun sekarang negara seperti China, Korea, Srilangka juga membudidaya jenis kerang tersebut.dan mutiara yang dihasilkan oleh kerang ini tidak bisa besar karena ukuran kerang kecil sehingga "gonad" kelenjar reproduksi kerang dimana neclues atau inti mutiara ditanam yang akhirnya menghasilkan mutiara.
  2. South Sea Pearl mutiara yang dibudidayakan dilaut selatan dari spesies kerang laut selatan (Pinctada maxima) varian spesies kerang ini pun banyak seperti Pinctada Margaritiera sejenis kerang laut selatan (Pinctada maxima) namun mempunyai warna bibir kerang hitam atau black lipped yang menghasilkan mutiara hitam yang terkenal dengan Black Tahitian Pearl dan konon jenis kerang black lipped ini hanya bisa hidup di air dengan PH tertentu seperti ditahiti , sedangkan yang menghasilkan warna selain hitam dikatakanWhite-lipped oysters , ada juga Yellow lipped oyster yang menghasilkan mutiara keemasan "gloden south sea pearl". ada juga Rainbow-lipped oyster (Pteria Sterna) , begitu banyak varian kerang ini sehingga memperkaya warna mutiara laut yang ada sekarang. Mutiara yang dihasilkan kerang ini bisa mencapai 20mm lebih karena memang jenis kerang ini lebih besar fisiknya dibanding dengan kerang Akoya sehingga gonad nya pun besar dan mutiara yang bisa dihasilkan pun besar.
  3. dan ada beberapa jenis mutiara atau istilah yang kurang dikenal seperti :
  • conch pearls yaitu mutiara dari siput (bukan kerang) laut (Strombus gigas) dan jarang sekali keberadaan mutiara ini dan belum bisa dibudidayakan mungkin dari 50,000 siput hanya ada satu yang ada mutiaranya.
  • Keshi Pearls yaitu mutiara yang dihasilkan dari proses budidaya mutiara baik itu tawar atau asin , jadi pada saat panen mutiara budidaya kadang ada butiran-butiaran kecil mutiara yang bentuknya tidak beraturan dan mempunyai warna yang mengilap dan mutiara tersebut tidak mempunyai inti mutiara sehingga bentuknya tidak beraturan
  • Mabe Pearl mutiara setengah bulat yang menempel kulit mutiara (penjelasan lebih lengkap ada dikolom berita yang lain )
  • Dan banyak macam mutiara seperti Biwa Pearl, Melo Pearl dll.
Sementara Mutiara airtawar atau Freshwater Pearl adalah mutiara yang dibudidayakan di Air tawar seperti Sungai dan Danau yang dikembangkan adalah kerang air tawar margaritifera ( masih banyak lagi jenis kerang air tawar lainya )dan mumpunyai variasi warna yang lebih banyak dari mutiara laut, mutiara air tawar tidak memiliki inti mutiara sehingga bentuk umum mutiara ini tidak bulat atau jarang sekali yang bulat , dan dalam satu cangkang kerang bisa ditanam potongan "mantle tisue" jaringan tubuh kerang tersebut yang akan menghasilkan atau menjadi butiran mutiara , saat sekarang ini mutiara air tawar dibudidayakan secara besar-besaran oleh China sehingga produksi mutiara tawar sangat banyak dan mengakibatkan harga mutiara tersebut sangatlah murah dibanding mutiara laut selain masing masing mutiara mempunyai karakter yang berbeda sehingga masing masing juga mempunyai nilai yang berbeda pula.

Kerang palsu yang dibuat dari kulit kerang memang ada dan biasaya didalam penyebutanya juga disebutkan asal jenis kerang tersebut seperti mutiara buatan dari kulit kerang (Pinctada maxima) akan disebut dengan " South Sea Shell Pearl " coba anda cari di search engine dengan kata kunci tersebut maka akan ada dapati ribuan site yang kata tsb. dan setahu saya mutiara tersebut tidak ada beredar dilombok.

memang jenis kecurangan yang terjadi dikalangan pedagang mutiara dilombok juga ada seperti misalnya memberi warna mutiara dengan dicelupkan di zat pewarna namun menurut saya hal itu mudah untuk membedakan mana mutiara hasil celupan dan mana yang tidak atau kalau mutiara laut biasanya dengan mengosoknya sehingga kelihatan mulus dll.

Kembali lagi tentang tuduhan yang dimuat beritanya oleh saudara Kris Fathoni diweb detikNews bahwa pedagang asogan dipantai senggigi lombok yang menjual mutiara palsu , setahu saya kebanyakan mereka jual adalah mutiara tawar atau fresh water pearl , dan kalau mutiara tersebut dikatakan palsu oleh pemandu wisata yang menginformasikan kepada penulis berita tersebut maka saran saya sebelum menjadi pemandu wisata ya baiknya banyak-banyak dulu lah belajar dari pada memberikan informasi yang menyesatkan dan bagi sipenulisnya sebelum menulis berita alangkah baiknya mencari narasumber yang lebih memahami tentang topik tulisan dari pada hanya sekedar menulis saja

-----Nugroho-----
sumber: http://www.toko-mutiara.com/news/8/Mutiara-Palsu-Dari-Lombok-Detik-News-Oleh-Kris-Fathoni-W

No comments:

Post a Comment